Cari Blog Ini

Minggu, 23 Januari 2011

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN PERAWAT PUSKESMAS DENGAN PENERAPAN STANDAR ASUHAN KEPERAWATAN DI PUSKESMAS PERAWATAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2009

xiii+89 halaman, 5 tabel, 11 gambar dan 15 lampiran

ABSTRAK

Latar Belakang : Standar Asuhan Keperawatan merupakan alat ukur kualitas asuhan keperawatan yang berfungsi sebagai pedoman atau tolok ukur dalam pelaksanaan praktek keperawatan. Kesadaran perawat akan tuntutan dan kebutuhan asuhan keperawatan yang berkualitas di masa depan merupakan tantangan yang harus dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan pendidikan perawat Puskesmas dengan penerapan Standar Asuhan Keperawatan di Puskesmas Perawatan Kabupaten Banyumas Tahun 2009.
Metode : Jenis penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua perawat yang bekerja di Puskesmas Perawatan Kab. Banyumas sebanyak 42 orang, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi. Pengumpulan data mengacu pada kuesioner. Analisis data secara univariat, bivariat, dan uji korelasi dengan metode Spearman Rank dengan menggunakan komputer Program SPSS versi 12.0.
Hasil : Dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan Standar Asuhan Keperawatan (p=0,000)<(a/2) dengan nilai korelasi Spearman’s (0,717). Dan didapatkan hubungan yang signifikan antara pendidikan perawat dengan pelaksanaan Standar Asuhan Keperawatan (p=0,000)<(a/2) dengan nilai korelasi Spearman’s (0,770). Dari kedua hal tersebut menunjukkan adanya derajat asosiasi yang tinggi antara pengetahuan dan pendidikan perawat dengan penerapan Standar Asuhan Keperawatan.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan pendidikan perawat Puskesmas dengan penerapan Standar Asuhan Keperawatan di Puskesmas Perawatan Kabupaten Banyumas Tahun 2009.
Saran : Perlu diadakan pembinaan dan pelatihan teknis tentang Standar Asuhan Keperawatan serta peningkatan jenjang pendidikan perawat yang lebih tinggi guna mempertahankan dan meningkatkan mutu pemberian pelayanan kesehatan.

Kata Kunci      : Standar Asuhan Keperawatan, Pengetahuan dan Pendidikan Perawat

Pustaka            : 24 (1993-2007)

1 komentar:

  1. boleh minta CP penulisnya kah? saya butuh instrumen unuk penelitian ini. Saaa bermaksud menghubungi penulisnya. Mohon infonya. Bisa menghubungi saya di fitri_arkham@yahoo.com

    BalasHapus